Tugas 3 PBKK

Tugas 3 PBKK

Pada pertemuan kali ini saya akan membuat sebuah aplikasi menggunakan template SB Admin dari Bootstrap 4.
nb : klik foto jika terlihat kurang jelas

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengkonfigurasi base url pada /application/config/config.php seperti gambar dibawah. Dimana base url itu sendiri berfungsi untuk menentukan alamat atau URL yang akan digunakan oleh web.


  2. Selanjutnya kita juga perlu mengkonfigurasi autoload pada /application/config/autoload.php dengan cara meload helper ke memori secara otomatis melalui autoload.php tadi.


  3. Setelah itu kita akan membuat sebuah konstanta SITE_NAME yang berguna untuk menyimpan nama web pada file /application/config/constants.php yang nantinya akan diperlukan untuk mengambil judul web pada template.

  4. Kita juga perlu mendownload dan mengekstrak SB Admin dan copykan folder css, js, dan vendor dari folder tersebut ke folder CodeIgniter kalian. Dengan catatan bahwa folder vendor kita ganti namanya dengan folder assets.

  5. Lalu buatlah sebuah folder baru bernama admin pada folder views dan didalam folder admin tersebut kita tambahkan sebuah file bernama overview.php. Pada file overview.php berisi copyan dari file index.html yang terdapat pada folder hasil ekstrak SB Admin yang berada pada folder dist.

  6. Kita juga perlu membuat sebuah controller baru dengan nama file Overview.php didalam sebuah folder bernama admin pada folder controllers.

  7. Dan jangan lupa untuk menambahkan route baru yang menuju pada controller Overview pada /application/config/routes.php .


  8. Tidak lupa dengan menambahkan fungsi base_url() pada /application/agar CSS dan Javascriptnya bisa terbaca seperti gambar dibawah ini :


  9. Maka Hasil akhir dari tampilan web kita setelah menggunakan bootstrap SB Admin seperti gambar dibawah ini :



Cukup segitu saja untuk kali ini, untuk source codenya bisa dilihat di 
Source Code

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTS PBKK A

Tugas 2 PBKK